Remote Control, Youtube dan Flickr untuk XBMC (Raspbmc)

Media center yang saya bikin dengan Raspberry Pi dan XBMC (Raspbmc) kemarin cukup untuk hiburan di rumah dengan biaya hemat. Agar mudah mengoperasikannya perlu remote control dan juga menambah add-on layanan web atau media sosial agar lebih seru.

Remote Control

Seperti dalam tulisan sebelumnya, saya menggunakan Yatse untuk gajet Android yang terhubung dengan WLAN. Memiliki fitur yang komplit, kontrol untuk pemutaran audio/video, kontrol navigasi menu, virtual keyboard, share audio/video/foto ke XBMC via protokol UPnP dan juga share url Youtube.

yatse-playstore

Selain itu, XBMC memiliki remote kontrol berbasis web, untuk mengakses dengan memasukan alamat IP Raspberry Pi pada browser komputer kita. Cukup sederhana interface-nya, cukup untuk mengontrol navigasi menu. Saya sebenarnya tertarik dengan wireless mini keyboard + touchpad tapi belum kesampaian :(

Youtube Add-on

XBMC menyediakan berbagai add-on untuk foto, audio, video dan konfigurasi sistemnya. Add-on wajib adalah Youtube, instalasinya bisa melalui menu System -> Add-ons.

RaspBMC, Samsung UA32F4000AM

Cukup sederhana interface youtube add-on ini, dilengkapi thumbnail video, fitur pencarian, favorite dan sebagainya. Bisa browsing video langsung pada add-on ini tapi yang lebih menarik adalah mengirim url video dari perangkat lain (laptop/gajet). Tersedia ekstensi untuk web browser Mozilla Firefox dan Google Chrome, setelah ekstensi ini dipasang akan tampil “Play in XBMC” di setiap halaman video Youtube.

Flickr Add-on

Karena Flickr itu layanan berbagi foto favorit saya maka disetiap perangkat harus bisa mengakses foto-foto di flickr. Untuk instalasi add-on kurang lebih sama dengan youtube.

XBMC Flickr Add-on

Setelah add-on terpasang, pada menu Konfigurasi flickr jangan diisi user id, langsung menuju menu Photos->Addon->Flickr maka muncul dialog box untuk mengakses http://xbmc.2ndmind.com/auth menggunakan browser komputer lain. Kemudian login Flickr -> authorized application -> muncul kode random. Kembali ke XBMC dan masukkan kode itu. Oke, sekarang bisa mengakses Flickr di XBMC.

Masih banyak add-ons lain seperti Facebook Media dan sebagainya, sayang add-on twitter dan skype belum ada.

Leave a Reply