Serba top di Linux

TuxAkrab dengan Linux, pasti kenal dengan perintah mode teks untuk memonitor aktivitas server — top, htop, dan iftop. Nah, koleksi top tambah satu lagi, setelah membaca sebuah artikel di blog.thinkphp.de yakni mod_top. Berikut ini sedikit ulasan tentang 4 tool tersebut.

top

Fungsi tool ini untuk memonitor aktivitas CPU secara realtime. Menampilkan penggunaan prosesor, pemakaian memori dan swap, layanan (service) yang aktif, serta uptime. Hampir semua distro menyertakan top dalam paket standarnya.

htop

Pada prinsipnya fungsi htop sama dengan top namun htop, saya rasa lebih user friendly. Perbandingan keduanya selengkapnya bisa disimak di situs web htop.

iftop

Fungsi iftop yakni untuk memonitor lalu-lintas jaringan pada sebuah NIC, meliputi pemakaian bandwidth, IP/host sumber, port yang digunakan dan sebagainya. Contoh pemakaian tool ini, untuk memantau lalu-lintas pada eth0 : iftop -i eth0

mod_top

top yang satu ini adalah sebuah PHP extension yang berfungsi untuk memonitor aplikasi web berbasis PHP 4.4.x dan PHP 5.x. Manfaat mod_top antara lain untuk mengetahui bottlenecks dalam aplikasi, pemecahan masalah komsumsi memori dan mendiagnosa penyebab lambatnya proses sebuah aplikasi web.

One thought on “Serba top di Linux”

Leave a Reply