Tanggapan Presdir XL Soal SMS Spam

Tadi siang XL mengadakan acara di Bantul, peletakan batu pertama pembangunan Lab. Komputer SMAN 2 Bantul, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi hadir dalam acara ini.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi

Terbersit dalam benak saya untuk menanyakan langsung kepada Presdir XL soal SMS spam yang dikeluhkan pelanggannya. Meski saat ini saya tidak menggunakan layanan XL, saat ngobrol dengan teman yang menggunakan XL sering mengeluhkan hal ini dan banyak juga yang menuangkan uneg-unegnya di blog, seperti Pak Budi Rahardjo.

Usai acara, saya dan beberapa rekan dari media berkesempatan ngobrol dengan Bos XL. Langsung saja saya tanyakan soal layanan sms yang mengganggu ini.

Hasnul Suhaimi mengatakan, XL membuat produk yang diperkirakan digandrungi masyarakat dengan mempelajari kebiasan masyarakat di suatu tempat, nah karena itu kami tawari mereka berbagai produk via sms.

Memang kadang-kandang tidak tepat ‘beberapa’ orang merasa terganggu. “Tidak banyak sesungguhnya, dari 10 juta pelanggan XL hanya beberapa yang komplain, justru sebagian besar senang layanan XL semisal program Hargaku,” ungkap Hasnul.

“Apabila nggak setuju dan merasa terganggu silahkan saja hubungi 818 agar layanan sms ini dihentikan,” kata Hasnul Suhaimi.

Bagi pelanggan XL yang masih terganggu dengan SMS promosi dari 818 atau 1818, berikut ini tautan tentang tips menghentikannya :

10 thoughts on “Tanggapan Presdir XL Soal SMS Spam”

  1. Eh, tapi sebenarnya bagaimana kebijakan XL sendiri mengenai mekanisme penghentian? Apakah permintaan langsung dapat direspon?

    Dari pengalaman saya pribadi, saya pernah minta… jelas-jelas saya menyebutkan identitas saya, dan nomor yang saya pakai adalah nomor saya… Jawaban operator saat itu, saya diminta menyebutkan nomor-nomor yang mengirimkan spim tersebut. Kok aneh ya? Apakah memang begini mekanismenya? Saat itu permintaan saya adalah untuk menghentikan SMS baik dari 818 maupun pihak2 yang menjalin kerjasama dengan XL.

    Belum nyoba lagi sih untuk ke 818, mungkin besok saya coba lagi ah… Sudah sempat ada rencana untuk ganti operator… setelah bertahun-tahun pake XL, dan XL merupakan nomor saya yang pertama… huhuhuhuh

  2. dari 10 juta pelanggan hanya beberapa yang komplain? maksudnya, beberapa juta ya? ihihih

    pengalaman sehari2 sih, teman2 umumnya menunjukkan ketaksukaannya dengan mengeluh. tapi keluhannya ga ditindaklanjuti dengan protes ke customer service center.

    kalo XL (dan kumpeni manapun juga) merasa berhak mengirim pesan sampah bertubi2 ke pelanggannya, mestinya mereka ngasih kompensasi balik dong. akses 3G dan GPRS gratis 10 GB per bulan, misalnya.

    hehe

  3. Hanya beberapa yang komplain ? Ini nih tipe presdir yang hanya mendengar berita ABS.

    Pak, saya bilang saja deh. Bapak mau nggak HP bapak dikirimi sms spam kayak gitu ? Kalau mau, kasih tahu saya nanti saya bombardir dan saya forward HP bapak dengan sms bullshit itu.

    Kalau soal komplain ke 818, lha bapak sudah mengecek kinerjanya belum ? Saya sudah bolak-balik telp ke 818 malah dikirimi spam dari 1818.

    Ini pelanggan bapak lho, bukan musuh. Kami nggak pernah minta dikirimi kenapa XL bersusah payah kirim sms spam.

    Cobalah pak, think outside the box. Kalau bapak pikir semua operator berbuat demikian, ya silakan saja tunggu operator yang bisa berpikir jernih.

  4. salam kenal! Dulu waktu saya masi di Indonesia, saya ngga pernah merasa terganggu pas pake XL, klo ngga sreg sama isi SMSnya ya dihapus aja…pake XL murah sih…

  5. …..Memang kadang-kandang tidak tepat ‘beberapa’ orang merasa terganggu. “Tidak banyak sesungguhnya, dari 10 juta pelanggan XL hanya beberapa yang komplain, justru sebagian besar senang layanan XL semisal program Hargaku,” ungkap Hasnul…..

    Yang benar aja Pak? ini hasil ngecap anak buah atau hasil penelitian?
    Saya (eh kantor saya) baru mengadakan penelitian tentang pengguna Ponsel, pertanyaannya “apakah senang mendapat SMS dari fihak yang tidak dikehendaki, seperti promosi dll” jawabannya sebagian tidak suka.
    Saya pelanggan XL lama lho, tidak asal ngomong dan ingin memberi saran untuk XL : hormati hak privasi pelanggan agar tetap setia memberi keuntungan pada XL.

  6. masa??? aku ja dah berkali kali melapor ke operator service center. dah 15 hari yang lalu aku coba komplain ke cc tapi sampai sekarang masih ja dikriimi dari 9400
    trus tindak lanjutnya gimana dari xl sendiri??? 10 juta customer tu aktif semua nggak??ato hanya sekali pakai kartu ja???
    kalo aku mang lama pake xl, tapi kalo lambat gini CC nya kan bikin BT juga to??
    mohon deh dari CC na xl lebih di dengar komplain kami
    bisa bisa merosot jumlah pengguna xl
    kan g enak juga

  7. 818 sibuk mulu. tah itu sibuk melayani pelanggan pa sibuk yang laen kan kita g tahu
    setiap kali 818 dihubungi jawabannya : MAAF, UNTUK SAAT INI CUSTOMER SERVICE ANDA SENGAN MENGHUBUNGI PELANGGAN
    mang pegawainya sedikit ya pak???
    sampai kami disuguhi pilihan NSP segala

  8. ass wr wb
    iya xl sering error
    saya capek tulis di koran n call 818 n 817
    call 817 gak nyambung tapi dipotong 350 mulu
    thx
    wass wr wb

Leave a Reply