Diskusi e-Local Government Berbasis OSS

Hari Senin (14/05) yang lalu, saya mengikuti diskusi yang bertopik Pengembangan e-Local Government berbasis Open Source Software (OSS) di Kaliurang Room Hotel Saphir Yogyakarta, diselenggarakan oleh Direktorat E-government Depkominfo. Diskusi terbatas ini, menghadirkan nara sumber diantaranya Romi Satria Wahono (IKC), Judith MS (AWARI), Rusmanto (InfoLinux), Luri Darmawan (Kioss.com), dan Pegadaian. Sedangkan peserta dari beberapa Badan/Kantor PDE tingkat propinsi, kabupaten/kota serta aktivis Open Source.

Salah satu materi yang cukup menarik yakni paparan dari Pak Romi SW. Pengelola situs Ilmukomputer.com ini menjelaskan tentang kekuatan open source sebagai salah satu kekuatan pendatar dunia, dicuplik dari Buku karya Thomas L. Friedman yang berjudul The World is Flat. Selain itu, juga dipaparkan tentang tren SDM TI dan membangun komunitas maya. Beberapa materi yang disampaikan dalam diskusi ini, sebelumnya telah dipublikasikan di blog Pak Romi SW.

Dalam sesi lainnya, Krispriyono dari Pegadaian menjelaskan tentang implementasi Open Souce di instansinya. Ditargetkan akan menyelesaikan proses migrasi ke OSS dari kantor pusat hingga kantor cabang seluruh Indonesia pada tahun 2007 ini. Sedangkan sistem operasi menggunakan Distro Linux Fedora Core.

Selanjutnya salah satu pakar PHP di Indonesia Luri Darmawan dari KIOSS mempaparkan tentang alternatif solusi interoperabilitas e-gov melalui open source. Selain itu, Luri juga memberikan source code aplikasi Administrasi Kependudukan terintegrasi (AKSI) Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil berbasis PHP dan MySQL.

Diakhir diskusi, Ir. Joko Agung, MM Direktur E-Government Depkominfo selaku notulen menyampaikan beberapa hal yang digaris bawahi. Diantaranya, terkait dengan implementasi OSS di pemerintahan, akan mengusulkan amandemen INPRES No. 3 tahun 2003, mengusulkan kepada Dewan TIK Nasional agar pengembangan OSS dimasukan dalam calendar of event, dan mencari solusi yang tepat untuk mensosialisasikan OSS.

Tautan lain :

2 thoughts on “Diskusi e-Local Government Berbasis OSS”

  1. Semoga saja E-Gov bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. btw, saya bangga dengan Bantul yang sudah lumayan baik dalam penggunaan IT.

Leave a Reply